Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

manfaat semangka untuk kesehatan
Waktu terbaik untuk menikmati segar, lezat, semangka berair ini, adalah musim kemarau , buah ini memberikan berbagai nutrisi, vitamin dan mineral , untuk itu ane akan berbagi tips kesehatan yaitu  manfaat buah semangka yang belum banyak diketahui .
Semangka adalah sangat berair (sampai 92% air!) . Dan secara alami rendah lemak. Membuat buah ini bagian dari diet harian Anda dan Anda akan menuai manfaat yang luar biasa yang bisa anda petik manfaatnya untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular , memberi nutrisi untuk mata Anda dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda! Baca di bawah ini dan lihat sendiri!


8 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

Kardiovaskular & Kesehatan Tulang

Lycopene dalam semangka ini sangat penting untuk kesehatan jantung kita dan sekarang sedang diakui sebagai faktor penting dalam kesehatan tulang. Mengkonsumsi semangka juga telah berkorelasi dengan peningkatan fungsi kardiovaskular karena meningkatkan aliran darah melalui vasodilatasi (relaksasi tekanan darah). Likopen makanan (dari makanan seperti semangka atau tomat) mengurangi stres oksidatif yang biasanya mengurangi aktivitas osteoblas dan osteoklas (dua sel-sel tulang utama yang terlibat dalam patogenesis osteoporosis) . Ini berarti tulang akan kuat bagi mereka yang mengkonsumsi makanan kaya lycopene. Semangka juga kaya kalium yang membantu untuk mempertahankan kalsium dalam tubuh Anda, sehingga tulang kuat dan sendi.

Mengurangi Lemak Tubuh 

Citrulline dalam semangka telah terbukti mengurangi akumulasi lemak dalam sel lemak kita. Citrulline adalah asam amino yang mengubah menjadi arginin dengan bantuan dari ginjal. Ketika tubuh kita menyerap citrulline dapat mengambil langkah mengkonversi menjadi arginin jika demikian diperlukan. Citrulline, ketika dikonsumsi, memiliki kemampuan untuk (melalui serangkaian langkah-langkah) memblokir aktivitas TNAP (jaringan-spesifik alkaline phosphatase) yang membuat sel-sel lemak kita membuat sedikit lemak, dan dengan demikian membantu mencegah over-akumulasi lemak tubuh.

Anti-inflamasi , Menetralisir Radikal Bebas & Dukungan Antioksidan

Semangka kaya akan senyawa fenolik seperti flavonoid, karotenoid, dan triterpenoid. Karotenoid lycopene dalam semangka sangat bermanfaat dalam mengurangi peradangan dan menetralisir radikal bebas. The tripterpenoid cucurbitacin E juga hadir dalam semangka, yang menyediakan dukungan anti-inflamasi dengan menghambat aktivitas enzim siklooksigenase yang biasanya menyebabkan peningkatan dukungan inflamasi. Pastikan Anda memilih semangka matang, karena mengandung jumlah yang lebih tinggi dari senyawa fenolik menguntungkan.

Dukungan diuretik & Ginjal

Semangka adalah diuretik alami yang membantu meningkatkan aliran urin, tetapi tidak ketegangan ginjal (seperti alkohol dan kafein). Semangka membantu amonia proses liver (limbah dari pencernaan protein) yang memudahkan ketegangan pada ginjal sementara menyingkirkan kelebihan cairan.
Otot & saraf Dukungan

Kaya kalium, semangka adalah elektrolit alami yang besar dan dengan demikian membantu mengatur aksi saraf dan otot dalam tubuh kita. Kalium menentukan derajat dan frekuensi dengan yang otot-otot kita kontrak, dan mengontrol eksitasi saraf dalam tubuh kita.

Basa Pembentuk

Semangka memiliki efek alkali terbentuk di tubuh saat sudah masak. Makan banyak makanan yang bersifat alkali pembentuk (segar, matang, buah dan sayuran) dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit dan penyakit yang disebabkan oleh diet tinggi asam (yaitu, daging, telur dan susu).

Meningkatkan Kesehatan Mata

Semangka merupakan sumber yang luarbiasa dari beta-karoten (yang warna merah kaya semangka = beta karoten) yang dikonversi dalam tubuh menjadi vitamin A. Ini membantu menghasilkan pigmen di retina mata dan melindungi terhadap yang berkaitan dengan usia degenerasi makula sebagai serta mencegah kebutaan . Vitamin A juga mempertahankan kesehatan kulit, gigi, jaringan tulang dan lembut, dan selaput lendir.


Dukungan kekebalan tubuh, Penyembuhan Luka & Mencegah Kerusakan Sel

Kandungan vitamin C dalam semangka adalah sangat tinggi. Vitamin C sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita dengan menjaga integritas redoks sel dan dengan demikian melindungi sel dari spesies oksigen reaktif (yang merusak sel-sel kita dan DNA). Peran vitamin C dalam penyembuhan luka juga telah diamati dalam berbagai studi karena sangat penting untuk pembentukan jaringan ikat baru. Enzim yang terlibat dalam pembentukan kolagen (komponen utama penyembuhan luka) tidak dapat berfungsi tanpa vitamin C. Jika Anda menderita luka yang  lambat dalam penyembuhan, maka tingkatkan asupan vitamin C dari buah-buahan . livelovefruit

Post a Comment for "8 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan"