Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Pancasila oleh Para Pakar Ahli Lengkap


lambang garuda pancasila
Pancasila sebagai dasar negara Indonesia negara tercinta kita ini mempunyai beberapa makna pancasila beserta arti yang banyak dikemukakan oleh beberapa tokoh bangsa maupun ahli sejarah , selain itu ada juga tokoh yang mengatakan asal kata pancasila.
Berikut ini beberapa pengertian pancasila :
Muhammad Yamin
muhammad yamin ,muh yamin

Pancasila berasal dari kata panca yang berarti lima dan sila yang berarti sendi,atas,dasar atau peraturan tingkah laku yang penting dan baik.
Dengan demikian Pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan baik.
Ir.Soekarno
ir soekarno ,insinyur soekarno

Pancasila adalah isi jiwa bangsa Indonesia yang turun temurun sekian abad lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan barat. Dengan demikian , Pancasila tidak saja falsafah negara ,tetapi lebih luas lagi yakni falsafah bangsa Indonesia.
Notonegoro
Pancasila adalah dasar falsafah negara Indonesia .Berdasarkan pengertian ini dapat disimpulkan Pancasila pada hakikatnya merupakan dasar falsafah dan ideologi negara yang diharapkan menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia sebagai dasar pemersatu ,lambang persatuan dan kesatuan serta sebagai pertahanan bangsa dan negara Indonesia.
Pengertian Pancasila berdasarkan Terminologi
Pada 1 Juni 1945 dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI),Pancasila yang memiliki arti lima asas dasar digunakan oleh Presiden Soekarno untuk memberi nama pada lima prinsip yang diusulkannya .

Itulah beberapa pengertian pancasila menurut beberapa tokoh bangsa Indonesia dan ahli maupun berdasarkan terminologi , kita seharusnya bangga karena beliau para pahlawan telah berjuang demi bangsa dan negara sampai titik darah penghabisan, ingat kata berikut dan tanamkan dalam hati "Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa Para Pahlawannya".

Post a Comment for "Pengertian Pancasila oleh Para Pakar Ahli Lengkap"