Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penghasutan Bintang Segitiga Manual Motor 3 Fasa

Penghasutan bintang segitiga manual untuk motor 3 fasa menggunakan kontaktor dan push button.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan seperti judul diatas yaitu penghasutan motor 3 fasa dengan metode bintang segitiga atau sering disebut hubungan star delta.

Tujuan penghasutan bintang segitiga adalah untuk supaya arus starting pada motor 3 fasa kecil sehingga akhirnya diharapkan dapat menghemat biaya listrik ,karena arus start pada motor akan sangat besar jika tidak dibantu dengan starting star delta , selain itu juga akan membuat motor lebih awet.

Pada saat motor dihubungkan pertama kali menggunakan metode starting bintang setelah beberapa saat kemudian motor berjalan ,kemudian saklar atau switch mengubah hubungan dari bintang ke delta.

Metode penghasutan bintang segitiga ada beberapa macam yaitu manual dan otomatis ,untuk manual dijalankan secara manual menggunakan bantuan push button , akan tetapi untuk otomatis menggunakan bantuan TDR (time delay relay) maupun yang terbaru yang saat ini banyak digunakan yaitu menggunakan plc (program logic controller).

Rangkaian daya penghasutan bintang delta (star delta) motor 3 fasa


rangkaian daya penghasutan bintang delta

Untuk rangkaian daya menggunakan tiga kontaktor yaitu kontaktor utama , kontaktor hubungan bintang (y) /star  dan kontaktor hubungan segitiga (delta) ,untuk pengaman motor digunakan dua alat yaitu menggunakan mcb yang bekerja secara thermis dan elektromagnetis , yang kedua menggunakan overload(ol).

Rangkaian kontrol penghasutan bintang delta (star delta) motor 3 fasa


rangkaian kontrol penghasutan bintang star delta

Pada bagian pengaman seperti diatas yaitu menggunakan mcb 1 fasa dan menggunakan overload(ol) ,untuk switch menggunakan satu tombol start dan dua tombol stop ,tombol stop pertama digunakan untuk memutus utama bisa saat hubungan bintang ataupun segitiga, untuk tombol stop satunya untuk memutus hubungan bintang dan menghubungkan hubungan delta / segitiga.

Post a Comment for "Penghasutan Bintang Segitiga Manual Motor 3 Fasa"